57 DOSEN UMK TERIMA HIBAH 1,5 M

Tahun 2019 Kementrian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menyalurkan hibah pendanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) turut mendapat hibah penelitian tersebut untuk kegiatan penelitian dan pengabdian.

Selain hibah dari Kemenristekdikti, UMK turut memberikan hibah melalui APBD internalnya, hal ini dilakukan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) dalam rangka memajukan kualitas dan meningkatkan jumlah publikasi jurnal ilmiah dari dosen-dosennya.

Rektor UMK, Amir Mahmud menjelaskan, dalam setiap kegiatan penelitian, dosen harus mempublikasikan dan mengadakan seminarkan khusus, agar dapat fokus pada setiap bidangnya, hal ini dilakukan agar jurnal dapat fokus dalam salah satu bidang saja, hal ini sangat penting, terkait Akreditasi jurnal kedepannya.

Selain itu, saya harapkan penelitian tentang Muhammadiyah dapat dilakukan, mengingat masih sangat sedikit peneliti dari UMK yang membahas Muhammadiyah dalam penelitiannya, agar nanti pada tahun kedepannya saya harap kita dapat melaksanakan penelitian tentang UMK. Tahun ini Kita menjadi urutan kelima untuk penerima dana hibah penelitian dan urutan kedua pada pengabdian untuk Kopertis Wilayah IX, terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor II UMK, Mustam AR, SP., MM, Ketua Pusat Penelitian, Dr. Sitti Zakiah Mamun, SE., M.Si, dan Ketua Pusat Pengabdian, Edy Hamka, S.Pi., M. Si. mewakili Kepala LPPM UMK, Dr. Musadar Mappasomba, SP., M. P. yang berhalangan hadir pada kesempatan kali ini

Kepala pusat penelitian, Zakiah Mamun, menghimbau kepada dosen-dosen UMK agar luaran untuk penelitian internal dapat dipublikasi, hal ini dilakukan untuk mendukung kinerja kami di LPPM, perlu diketahui jumlah proposal yang berhasil lolos dari Pengabdian Kemenristekdikti 10 judul, pengabdian internal 15 judul, penelitian Kemenristekdikti 8 judul, dan penelitian internal UMK 24 judul, sehigga total keseluruhan 57 judul proposal yang berhasil lolos, pendanaan yang dikeluarkan dari kedua hibah tersebut mencapai 1,5 Miliyar.

 

Oleh : Muhammad Nur Djafar Sigaro