UPT Bahasa UMK resmi menjadi IELTS OFFSITE TEST VENUE

Setelah berhasil memperoleh hibah pengadaan laboratorium bahasa digital tipe Lux dari Kemenristekdikti pada bulan Mei lalu, UPT bahasa Universitas Muhammadiyah Kendari senantiasa meningkatkan pelayanan bagi masyarakat melalui peningkatan layanan test bahasa Asing. Hal ini dibuktikan dengan memberikan pelatihan bahasa asing bagi kalangan akademik maupun masyarakat serta menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga penyedia tes bahasa asing yang bestandar international.

Sebelumnya UPT Pusat Bahasa UMK juga telah hampir 5 tahun menjadi test centre resmi dari tes TOEFL ITP tersertifikasi ETS yang bekerjasama dengan IIEF, kali ini UPT bahasa UMK kembali menjalin kerjasama dengan IDP (International Development Program) Jakarta sebagai penyedia layanan test IELTS (International English Language Testing System)yang merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris standar internasional yang diselenggarakan oleh lembaga dari Inggris dan Australia.

UPT Bahasa Universitas Muhammadiyah Kendari secara resmi telah menjadi testing centre IELTS setelah sebelumnya divisitasi kelayakan oleh bapak Albert Gunawan Sutanto sebagai  Operations Manager dari  IDP (International Development Program) Jakarta pada hari Rabu 26 Juni 2019. Visitasi dilakukan untuk memastikan kelayakan UPT bahasa UMK sebagai test centre IELTS. Kegiatan visitasi tersebut diawali dengan pembahasan konsep sistem kerjasama dengan Rektor UMK, Bapak Amir Mahmud, S.P.,M.Si, kepala UPT bahasa UMK ibu Titin Rahmiatin Rahim serta Bapak Albert Gunawan Sutanto dari IDP Jakarta yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke gedung baru UMK dan berakhir di gedung testing centre UPT bahasa UMK di Jl.Haeba No.39 Kendari.

Setelah melakukan visitasi, Albert Gunawan Sutanto menyatakan bahwa UPT bahasa UMK telah layak untuk menjadi test centre IELTS. Hal ini di buktikan dengan  ditandatanganinya MoU antara IDP Jakarta dengan UPT Bahasa UMK disertai dengan penyerahan logo IDP ke UPT Bahasa UMK.Dengan resminya menjadi test centre IELTS, UPT bahasa UMK menjadi satu-satunya test centre IELTS di Sulawesi Tenggara dan menjadi testing centre ke -4 di Sulawesi.Sesuai dengan perjanjian kerjasama kedua belah pihak, maka UPT bahasa UMK berhak menyelenggarakan test IELTS serta mendapatkan IELTS coaching dari expert IELTS untuk calon peserta tes perdana  IELTSyang pelaksanaannya direncanakan di bulan Agustus 2019 pada saat peresmian Laboratorium Bahasa Digital Universitas Muhammadiyah Kendari.

Rektor UMK Amir Mahmud smengatakan bahwa selama menjadi Rektor UMK, akan terus melakukan yang terbaik untuk amal usaha dan persyarikatan Muhammadiyah pada umumnya, karena dengan hadirnya laboratorium bahasa di UMK, akan banyak memberikan manfaat bagi civitas akademika UMK maupun masyarakat luas, jelasnya.

Masih kata dia (rektor) dengan tidak terlalu lama, kami akan meresmikan gedung baru, dan fasilitasnya untuk lab bahasa sudah tersedia, dan siap pakai, tutupnya.