UM KENDARI SELENGGARAKAN OSDIK SECARA BLENDED

Penyambutan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Kendari (UM Kendari) kembali dilaksanakan dalam rangkaian acara Orientasi Dasar-Dasar Studi Islam dan Kemuhammadiyaan  (OSDIK) Tahun Akademik 2021 / 2022 yang dilaksanakan secara Blended dengan metode luar jaringan  (luring) dan dalam jaringan (daring),ini adalah kali kedua UM Kendari menyelenggarakan kegiatan OSDIK dengan metode Blended.

Pelaksanaan OSDIK secara luring bertempat di Aula Gedung E UM Kendari dan dihadiri 54 Mahasiswa Baru merupakan perwakilan dari masing-masing Program Studi, sedangkan untuk peserta lainnya mengikuti rangkaian kegiatan OSDIK melalui metode daring menggunakan platform aplikasi Zoom Meeting.

Turut hadir dalam acara pembukaan OSDIK,  Rektor, Ketua Badan Pembina Harian dan Anggota Senat UM Kendari. Dalam sambutannya Rektor UM Kendari Amir Mahmud, S.Pi., M.P., menjelaskan Sebagai amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah, UM Kendari tak kenal lelah terus berkembang mengembang amanah umat, bangsa dan persyarikatan untuk mencerahkan dan mencerdaskan anak bangsa terutama masyarakat Sulawesi Tenggara.

Perlu saya sampaikan kepada seluruh Mahasiswa Baru bahwa pelaksanaan OSDIK ini dilakukan selama 3 hari. Hari ini dan besok dilakukan secara offline dan online ditempat ini, dan 1 hari berikutnya dilakukan secara offline yang dikelola oleh fakultas pada 2 tempat (Kampus A dan Kampus B) yang waktunya telah ditetapkan oleh panitia OSDIK.

Saya tegaskan kembali bahwa kegiatan ini hanya 3 hari saja tidak ada hari tambahan terutama hari kegiatan yang mengatasnamakan senior. Itupun kalau terjadi maka pengelola kegiatan tersebut yang bersangkutan harus bertanggungjawab. Kegiatan OSDIK ini juga akan diisi dengan beberapa materi ke Islaman, kegiatan ilmiah dan akademik.

Sebagai amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Kendari tak kenal lelah terus berkembang mengembang amanah umat, bangsa dan persyarikatan untuk mencerahkan dan mencerdaskan anak bangsa terutama masyarakat Sulawesi Tenggara, jelasnya.

Dalam rangkaian kegiatan OSDIK, UM Kendari juga melaksanakan vaksinasi bagi Mahasiswa Barunya bertempat di Masjid Raya Al Kautsar bekerjasama dengan Dewan Masjid Indoensia Sulawesi Tenggara dan KePolisian Republik Indonesia. Pembukaan kegiatan OSDIK dilakasnakan pada hari Senin (6/9/21), kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan, hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dalam acara pembukaan OSDIK,  dilaksanakan pula pemberian Beasiswa secara simbolis kepada 4 Mahasiswa Baru yang terdiri dari penerima Beasiswa Tahfidz Qur'an, Agromaritim, Keluarga Persyarikatan Muhammadiyah, Seni, Sains, dan Olahraga (SSO).