UM KENDARI GANDENG UMMUSHABRI DAN NEUST PADA PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR INTERNASIONAL

Untuk menunjang kualitas Dosen dan Mahasiswanya, Universitas Muhammadiyah Kendari (UM Kendari) terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) bersama Nueva Ecija University of Science and Technology (NEUST) Filiphina dan yayasan Ummushabri.

Dalam sambutannya Rektor UM Kendari Amir Mahmud, S.Pi., M.P., mengungkapkan kebahagiannya dengan dilaksanakannya kegiatan pertukaran dosen dan mahasiswa berbasis Tekhnologi Informasi. “Saya atas nama pimpinan Universitas Muhammadiyah Kendari mengucapkan apresiasi kepada Pimpinan NEUST dan Yayasan Ummushabri atas kesediannya melakukan kerjasama dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran multi pihak”, jelasnya.

Adanya wabah pandemi COVID-19 saat ini mengharuskan setiap lembaga terutama Institusi Pendidikan dan Bisnis harus mengaplikasikan pemanfaatan tekhnologi informasi yang handal.  Upaya ini nampaknya melahirkan peningkatan produktivitas manajemen sehingga beberapa komponen upaya dapat dikurangi seperti biaya, waktu, tenaga dan tempat namun tidak mengurangi nilai dan kualitas seperti pertemuan virtual saat ini.

Tanggal 8 Oktober 2020 yang lalu telah menandatangani MOU dan dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Kendari untuk kegiatan pertukaran dosen dan mahasiswa berbasis Tekhnologi Informasi.  Untuk kerjasama dengan Pesantren Ummushabri telah berjalan sejak Tahun 2003, 8 tahun yang lalu melalui magang dan Praktek Pembelajaran Lapangan Mahasiswa UM Kendari pada sekolah Taman Kanak-Kanak sampai Madrasah Aliyah binaan Yayasan Ummushabri Kendari, jelasnya.

Tambahnya, MOU ini bukan hanya sebatas pengesahan saja namun perlu ditindak lanjuti dengan program dan kegiatan kerjasama yang saling mengikat seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian kolaboratif, dan kegiatan lainnya untuk kemajuan Perguruan Tinggi, teranng Rektor UM Kendari

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Yayasan Ummushabri Bambang Suprayitno, dikesempatan tersebut Bambang menjelaskan “Selama ini Ummusshabri kendari telah melakukan kerjasama international terkhusus dalam pertukaran budaya dari berbagai sekolah seperti Thailand, Jepang, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filiphina. Kami bersukur mahasiswa NEUST bisa melakukan magang di Ummusshabri semoga siswa di sekolah kami mendapat pengalaman dan pengetahuan baru”.

Selanjutnya Wakil Rektor bagian Akademik NEUST Dr. Rhodora R. Jugo, juga menyambut baik Program yang dilakukan ketiga pihak, ini adalah ketiga kalinya kami melaksanakan kerjasama meskipun ditengah kondisi Pandemi COVID-19, tapi kegiatan ini tetap berjalan meskipun dilakukan secara virtual, kami juga sangat senang dengan berjalannya Program ini, karena telah memperluas kerjasama kami, tidak hanya menggandeng Universitas saja, namun ditingkat Sekolah juga, dalam hal ini Yayasan Ummushabri sebagai wadah kami untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan  (PPL) internasional. Kegiatan ini berlangsung secara virtual menggunakan platform aplikasi Zoom Meeting pada Rabu (15/9/21).